Ciri-Ciri Makhluk Hidup dan Contohnya

Ciri-ciri makhluk hidup - Makhluk hidup memiliki ciri-ciri tertentu yang membedakannya dengan benda tak hidup. Berikut ini beberapa ciri yang dimiliki makhluk hidup.

1. Bergerak
Pergerakan adalah perpindahan posisi seluruh atau sebagian tubuh makhluk hidup karena adanya rangsangan perpindahan seluruh bagian tubuh terjadi pada manusia dan sebagian besar hewan misalnya manusia berjalan berlari burung terbang dan ikan berenang Bagaimana cara tumbuhan bergerak. gerak tumbuhan hanya terjadi pada bagian tertentu. misalnya gerak tumbuh batang kearah cahaya sesuai dengan arah gravitasi bumi.

2. Memerlukan makanan atau nutrisi
Apakah hewan dan tumbuhan juga memerlukan makanan?? ya tentu, setiap Makhluk hidup memerlukan makanan atau nutrisi untuk mempertahankan hidupnya. Makanan diperlukan sebagai sumber energi untuk melakukan proses proses kehidupan. Cara mendapatkan makanan maupun cara makan setiap makhluk hidup berbeda-beda. Tumbuhan dapat membuat makanannya sendiri dengan proses fotosintesis. Sedangkan hewan dan manusia mendapatkan makanan dari makhluk hidup lain.

ciri ciri makhluk hidup beserta gambarnya, ciri ciri makhluk hidup kelas 7, ciri ciri makhluk hidup hewan, ciri ciri makhluk hidup wikipedia, ciri ciri makhluk hidup ppt, ciri ciri khusus makhluk hidup, ciri makhluk hidup bergerak,


3. Respirasi atau bernapas
Bernapas adalah menghirup oksigen dari udara dan mengeluarkan karbondioksida. Oksigen berperan penting dalam proses oksidasi makanan dan dari proses oksidasi tersebut akan menghasilkan energi untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Udara yang kita keluarkan saat bernafas mengandung karbondioksida dan uap air. Makhluk hidup mempunyai cara dan alat bernafas yang berbeda-beda. manusia, mamalia dan reptilia bernapas dengan paru-paru, sedangkan ikan bernapas dengan insang.

4. Reproduksi atau berkembang biak
Berkembang biak adalah memperbanyak diri untuk mempertahankan kelestarian jenisnya. Cara berkembang biak makhluk hidup adalah sebagai berikut:
a. Cara kawin atau generatif yaitu perkembangbiakan yang melibatkan sel telur dan sel sperma.
b. Cara tak kawin atau vegetatif yaitu perkembanganbiakan yang tidak melibatkan sel telur dan sel sperma, melainkan melibatkan sel tubuh. 

baca juga pengertian sel

Contoh kunyit dan jahe berkembang biak dengan akar tinggal, kentang berkembang biak dengan umbi batang, pisang berkembang biak dengan tunas, dan bunga tulip berkembang biak dengan umbi lapis.

5. Tumbuh dan berkembang
Tumbuh adalah bertambahnya Volume atau ukuran makhluk hidup yang irreversible akibat dari proses pertumbuhan adalah bertambah tinggi dan berat badan contoh bertambah panjangnya ukuran batang pada tumbuhan sedangkan berkembang adalah proses menuju kedewasaan yang dipengaruhi oleh hormon nutrisi dan lingkungan

6. Adaptasi
Adaptasi adalah Kemampuan makhluk hidup untuk menyesuaikan diri terhadap lingkungan dan untuk mempertahankan diri. Terdapat tiga macam adaptasi:

a. Adaptasi morfologi yaitu penyesuaian diri terhadap alat-alat tubuhnya. Contoh burung elang mempunyai kuku yang tajam untuk menangkap menerkam mangsa.
b. Adaptasi fisiologi yaitu penyesuaian fungsi alat-alat tubuh terhadap lingkungan. Contoh manusia menambah jumlah sel darah merah bila berada di pegunungan.
c. Adaptasi tingkah laku yaitu penyesuaian diri terhadap lingkungan dengan tingkah lakunya. Contoh Bunglon mengubah warna tubuh sesuai tempat hidupnya.

7. Iritabilitas atau peka terhadap rangsangan 
Iritabilitas merupakan Kemampuan makhluk hidup untuk menanggapi rangsangan.

8. Ekskresi atau pengeluaran zat sisa
Ekskresi adalah Proses pengeluaran zat sisa hasil metabolisme sel yang sudah tidak digunakan oleh tubuh dan dikeluarkan bersama urine keringat atau pernapasan paru-paru dan insang mengeluarkan CO2 dan uap air kulit mengeluarkan keringat ginjal mengeluarkan urine.

Labels: