Ukuran Lapangan Sepak Bola Nasional dan Internasional

Ukuran Lapangan Sepak Bola Nasional dan Internasional - Lapangan adalah tempat terjadinya aktivitas permainan, apapun jenis olah raganya selalu membutuhkan lapangan. Sepakbola memiliki lebar dan panjang lapangan yang cendrung lebih besar dari olah raga lain dengan jumlah kursi penonton yang yang jumlahnya ribuan. Lapangan sepak bola harus datar dan terbuat dari rumput sintesis atau rumput biasa.

Postingan ini kita akan sama sama mengenal ukuran lapangan sepakbola baik secara nasional atau internasional.



Baca juga : Teknik dasar  sepak bola beserta gambarnya

Ukuran Lapangan Sepak Bola

FIFA telah menetapkan ukuran lapangan sepak bola minimum adalah 64 m x  dan max adalah 75 m x 110m dan diilengkapi dengan garis garis disisi, tengah dan di area penalti. Garis garis tersebut sudah ditetapkan ukurannya. Lapangannya berbentuk persegi panjang. Dibagian sisi disebut touchlines. Sisi berlawanan lainnya disebut garis gawang. Dua garis gawang harus berukuran antara 45 dan 90 m dan sama panjang. Dua baris sentuh "touchlines" juga harus sama panjang antara 90 dan 120 m. Semua lini harus sama-sama lebar. Sudut-sudut lapangan ditandai dengan bendera.

Untuk ukuran lapangan bola internasional pada garis gawang harus antara 64 dan 75 m, dan touchlines harus antara 100 dan 110 m. Pada bulan Maret 2008 IFAB mencoba untuk standarisasi ukuran lapangan sepak bola untuk pertandingan internasional dan mengatur dimensi resmi dari lapangan yaitu panjang 105 m dan lebar 68 m.

Kesimpulannya:
1. Ukuran lapangan sepakbola Touchline ; Panjang 120 m Lebar  90 m.
2. Kotak Penalti : Lebar 40,3 m dan panjang 16,5 m. Titik putih tendangan penalti 11 m.
3. Gol Area :  Ukuran panjang 18,32 m Lebar 5,5 m.
4. Lingkaran tengah mempunyai ukuran 9,15 m.
5. Ukuran gawang dihitung dari dalam tihang gawang : panjang 7,32 m tinggi 2,44 m.
6. Disisi pojok lapangan ada bendera yang disebut dengan flagpost yang berukuran 1,5 m.

Baca juga :
Cara menggiring bola
Peraturan permainan sepak bola

Mungkin sekian dari saya tentang ukuran lapangan sepak bola. semoga bermanfaat.

Labels: